f
g+
Bio Edukasi.com

SKRIPSI MODEL COOPERATIVE LEARNING TEHNIK TWO STAY TWO STRAY (TSTS)

Monday, October 14, 2013 comments Komentar

Author : Muhammad Yusuf Lubis, S.Pd.
Email : yusuf.serbalawan@gmail.com
Terbit : 14 Oktober 2013
Judul : Perbandingan Hasil Belajar dengan dan Tanpa Model Cooperative Learning Tehnik Two Stay Two Stray (TSTS) Pada Pembelajaran IPA Terpadu Materi Pokok Getaran dan Gelombang di Kelas VIII SMP Negeri 1 Dolok Batu Nanggar Tahun Pelajaran 2012 - 2013.

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR DENGAN DAN TANPA MODEL COOPERATIVE LEARNING 
TEHNIK TWO STAY TWO STRAY (TSTS) PADA PEMBELAJARAN IPA TERPADU
MATERI POKOK GETARAN DAN GELOMBANG DI KELAS VIII
SMP NEGERI 1 DOLOK BATU NANGGAR
TAHUN PELAJARAN 2012 - 2013

OLEH :
MUHAMMAD YUSUF LUBIS
NPM. 097100101

ABSTRAK

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan dan tanpa model cooperative learning tehnik Two Stay Two Stray (TSTS) pada pembelajaran IPA Terpadu materi pokok Getaran dan Gelombang di Kelas VIII SMP Negeri 1 Dolok Batu Nanggar Tahun Pelajaran 2012 - 2013. Dilaksanakan pada bulan Mei 2013, di SMP Negeri 1 Dolok Batu Nanggar. Jumlah populasi sebanyak 285 siswa yang terdiri dari 9 kelas, masing-masing kelas berjumlah 32 siswa dan jumlah sampel sebanyak 64 siswa (2 kelas yaitu VIIIA dan VIIIE) yang diambil secara simple random sampling. Analisis data dilakukan dengan cara mencari rata-rata nilai ( ) dan Standart deviasi (SD) dan hipotesis diuji dengan statistik t atau uji t pada taraf signifikansi α = 0,05.
Nilai rata-rata pre-test untuk kelas kontrol 6,34 dan eksperimen 6,72 dengan selisih 0,38 sedangkan nilai rata-rata post-test untuk kelas kontrol 7,51 dan eksperimen 8,00 dengan selisih 0,49. Dari hasil uji hipotesis data post-test menggunakan uji t di peroleh thitung (2,88) > ttabel (2,00), maka Ha diterima dan H0 ditolak artinya ada perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa dengan dan tanpa model cooperative learning tehnik Two Stay Two Stray (TSTS) pada pembelajaran IPA Terpadu materi pokok Getaran dan Gelombang di Kelas VIII SMP Negeri 1 Dolok Batu Nanggar Tahun Pelajaran 2012 - 2013.
Disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa dengan dan tanpa model cooperative learning tehnik Two Stay Two Stray (TSTS) pada pembelajaran IPA Terpadu materi pokok Getaran dan Gelombang di Kelas VIII SMP Negeri 1 Dolok Batu Nanggar Tahun Pelajaran 2012 - 2013.

Kata Kunci : Two Stay Two Stray (TSTS), Hasil Belajar Siswa.


View Skripsi full text :

Download skripsi secara lengkap di bawah ini :





Bagikan Artikel :
 
Didukung Oleh : YUSOFT™ | Kota Serbalawan
Copyright © 2013. Bio Edukasi.com - All Rights Reserved
Webstite Mahasiswa Biologi Universitas Simalungun
Template Created by Mastemplate | Creating Website
DMCA.com